Apa Itu Essential Oil? Bagaimana Cara Kerjanya?

February 5, 2019 - Category:

Pernah dengar istilah Essential Oil gak Moms? Beberapa Moms biasanya sering mengaitkan essential oil atau minyak atsiri ini sebagai aromaterapi atau pengobatan alternatif. Namun tahukah Moms? Beberapa klaim menyebutkan jika essensial oil bukanlah aromaterapi. Essential oil adalah minyak alami yang diekstraksi dari satu jenis tanaman tertentu. Biasanya minyak ini didapatkan dari bagian akar, batang, daun, bunga, ataupun buah-buahan. Meskipun sering digunakan untuk aromaterapi, namun tidak semua minyak atsiri ini berbau harum dan cocok digunakan sebagai aromatherapy.

Bagaimana sih cara pembuatan minyak esensial ini? Untuk mendapatkan essensial oil yang murni maka harus dilakukan dengan proses destilasi melalui penyulingan uap air. Selain itu ada juga yang diproses melalui ekstraksi C02 dan juga pengepresan dingin (tanpa melibatkan pemanasan). Essential oil yang telah diekstraksi ini kemudian dikombinasi dengan bahan-bahan kimia terlarut sehingga memiliki kandungan minyak terkonsentrasi dengan aroma dan karakteristik yang khas seperti tanaman asalnya.

 

Bagaimana Cara Kerja Essential Oil?

 

Essential oils merupakan minyak alami yang telah digunakan sepanjang sejarah untuk manfaat obat dan juga terapi kesehatan. Ketika masih berbentuk tanaman, kandungan minyak ini berfungsi untuk perlindungan terhadap predator dan juga penyakit. Karena sifat-sifat itulah maka banyak peneliti menggunakan tanaman ini dalam praktik pengobatan, dan dengan studi yang lebih modern minyak ini diolah dan kemudian banyak diaplikasikan untuk kesehatan fisik dan psikologis.

Essential oil atau minyak atsiri banyak membantu penyembuhan infeksi, memar, luka, menjaga kelembapan, mengontrol efek hormon, serta mampu untuk menarik dan menangkis serangga. Minyak essential aromatik bekerja dengan menstimulasi otak lewat rangsangan indra penciuman atau dihirup. Selain itu essential oil juga memiliki efek mengobati ketika digosokkan pada kulit. Perlu diketahui juga nih, minyak ini sebenarnya tidak untuk dikonsumsi atau ditelan lho. Untuk itu jauhkan dari jangkauan anak-anak ya Moms!

 

Essential Oils Adalah Jenis Minyak Alami Yang Populer

Tahukah Moms? Ada lebih dari 90 jenis minyak dari tumbuhan yang biasa digunakan untuk kesehatan. Masing-masing memiliki aroma dan karakteristik yang unik seperti tanaman aslinya. Beberapa diantaranya dapat berfungsi sebagai aromaterapi dan memiliki efek menenangkan pikiran. Selain itu banyak juga yang bersifat antiseptik dan berfungsi untuk mengurangi kemungkinan infeksi pada kulit. Adapun sepuluh minyak esensial yang cukup populer yaitu sebagai berikut.

  1. Lavender Essential Oil: banyak digunakan untuk menghilangkan stres, cemas, mudah marah, serta serangan panik dan depresi. Selain itu, lavender juga baik untuk mengatasi memar dan juga stretch mark.
  2. Peppermint: banyak digunakan untuk mengatasi mual, sakit kepala, dan vertigo. Selain itu juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan energi dan mengatasi kelelahan.
  3. Cendana: banyak dipakai untuk menenangkan saraf dan manambah fokus.
  4. Jeruk citrus bergamia: biasanya digunakan untuk mengurangi radang kulit dan juga stres.
  5. Mawar: berfungsi untuk mengurangi kecemasan dan meningkatkan mood atau suasana hati.
  6. Chamomile: digunakan untuk meningkatkan relaksasi dan suasana hati.
  7. Kenanga: untuk mengobati sakit kepala, radang kulit, dan mual.
  8. Pohon teh: bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu melawan infeksi, jerawat, dan cacat kulit.
  9. Jasmine: bermanfaat untuk mengurangi depresi, meningkatkan libido, dan membantu persalinan.
  10. Lemon: untuk meningkatkan suasana hati, meringankan sakit kepala, dan membantu pencernaan.

 

Bagikan Artikel